19 Agustus 2009

Wisata Alam Sumedang












Cipanas Sekarwangi

Cipanas Sekarwangi terletak 19 km sebelah utara Sumedang, di kaki Gunung Tampomas di Desa Sekarwangi, Kec. Buahdua dan bisa dicapai dengan semua jenis mobil pribadi termasuk transportasi umum melalui jurusan Sumedang Conggeang – Buahdua. Cipanas Cileungsing tidak jauh dari Cipanas Sekarwangi dan mempunyai arah yang sama, terletak di desa Cilangkap Kec. Buahdua sekitar 15 km dari Sumedang dan dapat dicapai dengan berkendaraan disepanjang jalur Sumedang – Conggeang – Buahdua selama 40 menit.

Kampung Toga

Kampung Toga singkatan dari Kampung Tanaman Obat – obatan, terletak 3 km dari alun - alun Sumedang merupakan objek rekreasi keluarga dengan lingkungan pegunungan yang indah dan nyaman yang cocok untuk pertemuan dan pesta. Bentangan alam dengan ketinggian yang berbeda menjadikan kawasan ini memiliki wisata yang beraneka ragam sehingga tersedia fasilitas untuk : • Paraglaiding • Gantole • Track • Arung jeram • Hiking • Jogging • Off Road • Game War • Horse Riding


Gunung Kunci

Gua Gunung Kunci merupakan tempat rekreasi dengan pemandangan alam yang indah, terletak di Sumedang dengan jarak kurang dari 200 m dari Alun – alun atau PEMDA Kabupaten Sumedang. Gua tersebut dibangun pada tahun 1917 pada masa penjajahan Belanda dan digunakan sebagai benteng pertahanan / perlindungan untuk mengepung masyarakat Sumedang.

Curug Sindulang

Curug Sindulang terletak di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung dan bisa dicapai dengan semua jenis kendaraan umum dan mobil pribadi. Kita bisa menemukan transportasi umum di terminal bus Cicalengka mengambil jurusan Cicalengka – Sindangwangi. Tempat rekreasi yang mempunyai dua air terjun dengan ketinggian 50m. Curug Sindulang jalan masuk terbaik dari Bandung atau Cicalengka perjalanan disepanjang Pegunungan jalan berliku-liku Curug Sindulang menyajikan panorama yang permai.

Wisata Agroteknobisnis

Tempat wisata yang menjanjikan kedekatan dengan alam semakin semarak. Banyak yang menyajikan dengan ke-khas-an masing-masing. Ada yang mengajak pengunjungnya menikmati kedekatan dengan sapi, maksudnya pengunjung diberi kesempatan membelai sapi plus kesempatan belajar memerah susu dari si sapi, asik juga. Ada yang khusus menyajikan kemewahan ber-strawberry-ria. Disini pengunjung langsung berinteraksi dengan sang tanaman, memetik dan menikmati buah strawberry langsung dari pohonnya. Ada juga tempat yang mengijinkan pengunjung untuk pesta duren gratis, dengan syarat tidak boleh ada yang dibawa keluar wilayah wisata tersebut. Dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain-lain, yang tentunya sangat positif jika dilihat dari tujuannya yaitu (antara lain) mendekatkan kita ke alam, menikmatinya sambil ikut serta aktif dalam kegiatan didalamnya. Aktif memerah susu, aktif memetik strawberry, aktif membelah duren, yang akan memberi nilai kenikmatan khusus bagi kita, apalagi kalau anak-anak kita pun dilibatkan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda